HUBUNGAN LINGKUNGAN MANUSIA DENGAN MANAJEMEN DALAM ORGANISASI (PRESPEKTIF, KONVENSIONAL, DAN ISLAM)


A.    Peran Dan Fungsi Manajemen Dalam Organisasi
Di sinilah manajemen mempunyai peran dalam melaksanakan semua kegiatan agar bisa efektif dan efisien. Apa yang dimaksud dengan efektif dan efisien ?, Menurut Peter F. Drucker dalam bukunya Erni Tisnawati Sule dan Kurniwan Saefulloh (20005:6) efektif dan efisien adalah. Efektif adalah mengerjakan pekerjaan yang benar dan cepat serta tepat, sedangkan Efisien adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat.[1]
1.       Fungsi Manajemen
 Fungsi manajemn adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan-tahaoan tertentu dalam pelaksanaannya. Nickels, Mchugh and Mchugh (1977) dalam bukunya Erni Tisnawati Sule dan Kurniwan Saefulloh (20005:8) fungsi manajemen terdiri dari 4 fungsi antara lain:
a.       Perencanaan (Planning)
Yaitu, proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi
b.      Pengorgaisasian (Organizing)
Yaitu, proses yang meyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang kuat dan tangguh.
c.       Pengimplementasian (Directing)
Yaitu, implementasi program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalakan tanggung jawab dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.[2]
d.      Pengendalian dan pengawasan (Controlling)
Yaitu, proses yang memastikan yang dilakukan untuk seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan.
B.     Fungsi Dan Peranan Dari Manajemen
1.      Manajemen Sumber Daya Manusia
Adalah manajemen yang berperan dalam fungsinya untuk mendapatkan  sumber daya manusia yang terbaik, untuk menjalankan kegiatan dan aktivitas berbisnis pada sebuah organisasi, tentunya sesuai dengan rencana kegiatan organisasi, dengan adanya sumber daya yang baik maka manajemen harus mampu memberikan motivasi kepada mereka, danemberikan kompensasi yang baik juga agar karyawan tersebut betah untuk bekerja di organisasi kita, selain kompensasi juga harus dipelihara dengan baik agar mereka tetap mau bekerja sama dengan organisasi kita dengan kualitas pekerjaan yang selalu terjaga dengan baik dan diharapkan malah ada peningkatan kualitasnya.[3]
2.      Manajemen Produksi
Adalah pelaksanaan manajemen yang mampu memproduksi dari bahan baku menjadi bahan jadi atau barang yang siap disaikan, yang sesuai dengan standard dan target yang sudah ditentukan oleh organisasi.
3.      Manajemen Pemasaran
Adalah sangat dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi, karena pemasaran adalah menjadi tulang punggung perusahaan/organisasi, apabila sebuah pemasarannyalesu maka perusahaan/organisasi tersebut akan mengalami kurang sehat atau terlalu lambat untuk berkembang dan bersaing di dunia industri. [4]


4.      Manajemen Keuangan
Adalah suatu kegiatan manajemen yang sesuai dengan fungsinya dalam melaksanakan bisnisnya yang pada dasarnya adalah untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dijalankan akan mencapai tujuan organisasi/perusahaan yaitu diukur dengan keuntungan perusahaan.[5]
C.    Pengertian Lingkungan Kerja
Sebuah organisasi/perusahaan tidak bisa lepas dari lingkungan kerja dan budaya organisasi. Dalam menjalankan kegiatan sebuah organisasi/perusahaan terdapat peran lingkungan yang sangat penting untuk membantu tindakan para manajer. Oleh sebab itu lingkungan terdiri dari 2 yaitu lingkungan kerja secara eksternal dan lingkungan kerja secara internal.
1.      Lingkungan kerja eksternal adalah lingkungan yang tidak berkaitan langsung (kekuatan luar) kepada sebuah perusahaan/organisasi tetapi berpotensi untuk mempengaruhi kinerja organisasi.[6]
Adapun komponen lingkungan eksternal yang bisa mempengaruhi kegiatan produksi antara lain:
a.        Lingkungan Khusus;
b.      Lingkungan Umum;
c.       Lingkungan Sosial dan Budaya;
d.      Lingkungan Hukum dan Politik.[7]
2.      Lingkungan kerja secara internal adalah lingkungan kerja yang berkaitan langsung dan berpotensi untuk kegiatan organisasi perusahaan. Misalnya antara atasn atau pimpinan dengan bawahan, antara atasan dengan atasan, antara karyawan dengan karyawan.[8]


                1 Mulyadi, pengantar manajemen, hlm.3.
[2] Ibid., hlm.4.
[3] Ibid., hlm.8.
[4] Ibid., hlm.9.
[5] Ibid., hlm.10.
[6] Ibid., hlm.13.
[7] Ibid., hlm.14.
[8] Ibid., hlm.15.

0 Response to "HUBUNGAN LINGKUNGAN MANUSIA DENGAN MANAJEMEN DALAM ORGANISASI (PRESPEKTIF, KONVENSIONAL, DAN ISLAM)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel