Konsepsi manusia sebagai makhluk sosial




A.    Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Selama manusia hidup tidak dapat terlepas dari pengaruh masyarakat, dirumah, disekolah dan di lingkungan yang besar. Karena manusia selalu hidup bersamaan dengan manusia lainnya. Dapat dikatakan manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Karena bagaimanapun hal ini sudah terbukti sejak zaman dahulu. Manusia terbentuk suatu kelompok-kelompok yang di dalamnya terdapat hasrat diantaranya untuk mendapatkan makanan (kegiatan berburu yang dilakukan oleh suatu kelompok), mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hal ini menggambarkan bagaimana manusia sebagai seorang makhluk sosial dimana antar individu merupakan satu komponen yang saling ketergantungan dan membutuhkan Selain itu, manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena pada diri manusia ada dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain. Manusia mempunyai kenutuhan mencari kawan. Kebutuhan untuk berteman dengan orang lain, sering kali didasarkan kepentingaan dan persamaan ciri. Dapat disimpulkan bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial dengan beberapa alasan yaitu:  

1. Ada dorongan untuk berinteraksi
2. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial
3. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
4. Manusia tidak dapat hidup sebagai manusia jika tidak ada di       tengah-tengah manusia.
Syarat-syarat interaksi sosial
A. Kontak Sosial
kontak sosial adalah hubungan antara satu orang atau lebih, melalui percakapan dengan saling mengerti tentang maksud dan tujuan masing-masing dalam kehidupan masyarakat. Kontak sosial bisa terjadi secara langsung dan tidak langsung. Kontak sosial tidak langsung adalah kontak sosial yang menggunakan alat, sebagai perantara misal: radio, telepon, surat dll. Sedangkan kontak sosial langsung adalah kontak sosial melalui suatu pertrmuan dengan bertatap muka dan berdialog diantara kedua belah pihak.dalam kontak sosial, dapat terjadi hubungan yang positif dan negative.
B.     Komunikasi Sosial
Komunikasi sosial adalah syarat pokok lain saripada proses sosial. Komunikasi sosisal mengandung pengertian persamaan pandangan anatara orang-orang yang berinteraksi terhadap sesuatu. Menurut Soerjono Soekanto,komunikasi adalah bahwa seseorang memberikan tafsiran pada perikelakuan orang lain perasaan-perasaan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.
Bentuk-bentuk interaksi sosial
          Bentuk-bentuk interaksi sosial tersebut dapat terjadi secara berantai terus-menerus, bahkan dapat berlangsung seperti lingkaran tanpa berujung. Interaksi sosial tersebut bisa bermula dari setiap bentuk kerja sama, persaingan, pertikaian ataupun akomodasi, kemudian bisa berubah lagi menjadi kerja sama, begitu seterusnya.

Media Sosialisasi
          Apabila ditinjau perkembangan individu dari sejak masa anak sampai dewasa, maka terdapat beberapa media sosialisasi, yaitu:
1. Orang tua atau keluarga
2. Teman Bermain
3. Sekolah
4. Media Massa
5. Masyarakat

0 Response to "Konsepsi manusia sebagai makhluk sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel